Sunday, March 4, 2012

Hakikat Pembelajaran Biologi

Hakikat Pembelajaran Biologi
Kegiatan belajar-mengajar merupakan satu kesatuan dari dua kegiatan yang searah. Kegiatan belajar adalah kegiatan yang utama dalam kegiatan belajar- mengajar tersebut. Menurut Gagne belajar merupakan kegiatan yang kompleks, terdiri dari tiga komponen penting yaitu kondisi eksternal, kondisi internal, dan hasil belajar. Kondisi internal dan proses kognitif berinteraksi dengan stimulus dengan lingkungan yang menghasilkan suatu hasil belajar.
Secara psikologis, pengertian belajar merupakan suatu proses perubahan yaitu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Perubahan-perubahan itu akan nyata dalam seluruh aspek tingkah laku.
            Biologi merupakan wahana untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai. Biologi merupakan wadah untuk membangun warga negara yang memperhatikan lingkungan serta bertanggung jawab kepada masyarakat, bangsa dan negara disamping beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
            Biologi berkaitan dengan cara mencari tahu dan memahami alam secara sistematis, sehingga Biologi bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan Biologi diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari dirinya sendiri dan alam sekitarnya.

No comments:

Post a Comment