Thursday, August 16, 2012

KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN BIOLOGI DAN RUANG LINGKUP STRATEGI BELAJAR MENGAJAR

 
KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN BIOLOGI
Pembelajaran adalah suatu aktivitas (proses) mengajar-belajar. Didalamnya ada dua subyek yaitu guru dan peserta didik.
Proses belajar mengajar merupakan kegiatan interaksi antara guru-siswa dan komunikasi timbal balik yang berlangsung secara edukatif untuk mencapai tujuan belajar

 



Karakteristik Siswa, Biologi, dan Guru Biologi
1. Karaktristik Siswa
  • Usia siswa SLTP dan SMTA baru belasan tahun
  • Siswa SLTP memilki sense of humor yang tinggi, namun perasaan mereka mudah tersinggung dan memilki rasa kebersamaan yang tinggi
  • Siswa SMTA lebih tenang dan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang lebih mantap, khususnya perkembangan fisik, emosi dan tanggung jawab.
2. Karakteristik Biologi
  • Biologi merupakan ilmu yang sudah cukup tua, berasal dari keingintahuan manusia tentang dirinya, tentang lingkungannya, dan tentang kelangsungan jenisnya
  • Biologi memiliki keunikan yaitu mengkaji tentang manusia namun juga termasuk kedalam studi tentang alam
  • studi biologi sering dan banyak digunakan istilah-istilah yang pada umumnya berupa istilah latin atau kata yang dilatinkan
3. Karakteristik Guru Biologi
  • Seorang guru harus mampu berkomunikasi dengan baik, berkomunikasi dengan siswa, dengan rekan kerja, dan dengan kepala sekolah
  • Guru biologi di SLTP perlu menguasai kedalaman materi yang sesuai dengan karakteristik siswa SLTP yang senang humor dan masih kekanak-kanakan
  • Guru biologi di SMU perlu menguasai biologi secara lebih mendalam dan metode-metode biologi dan keterampilan-keterampilan dasar biologi
  • Guru biologi juga perlu dapat berkomunikasi dengan alam, khususnya makhluk hidup, gejala dan ciri hidup
  • Mampu merencanakan dan melakukan persiapan-persiapan yang diperlukan untuk mengajar biologi
  • Mampu menjelaskan dan mendemonstrasikan hal-hal yang dilakukan atau yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup, tingkah laku makhluk hidup dalam berinteraksi dengan sesama makhluk hidup atau dengan lingkungannya.
  • Seorang guru juga perlu memiliki kemampuan bertanya dan memberikan tugas atau kegiatan yang perlu dilakukan siswa di kelas dan di luar kelas.
  • Memberikan masukan atau umpan balik, serta melakukan asesemen dan evaluasi
  • Memiliki kemampuan untuk mengelola kelas dan laboraturium
  • Guru biologi perlu memotivasi siswanya agar senang belajar biologi, memberikan penguatan, atau memperlihatkan bahwa belajar biologi yang baik bukan dengan cara menghafal

Persiapan pembelajaran yang ideal seorang guru
  • Mampu menguasai materi pelajaran
  • Memilki kemampuan untuk merumuskan tujuan pembelajaran
  • Memilki kemampuan untuk membuat alat evaluasi yang relevan dengan tujuan pembelajaran
  • Memilki kemampuan merancang pengalaman belajar
  • Menguasai bebagai pendekatan dan terori belajar
  • Mengenal dan menguasai berbagai metode dan media pembelajaran
  • Memilki kemampuan memilih dan mengkombinasikan antara materi pelajaran , metode, media, pengalaman belajar yang sesuai dengan tujuan dan evaluasinya
  • Kemampuan-kemampuan lain yang menunjang keberhasilan proses pembelajaran
bagan alir komponen dalam SBM biologi

RUANG LINGKUP STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
Seharusnya merupakan suatu rencana kegiatan pembelajaran yang dirancang secara seksama sesuai dengan tuntutan kurikulum sekolah untuk mencapai hasil belajar siswa yang optimal, dengan memilih pendekatan, metode, media, dan keterampilan-keterampilan(membelajarkan, bertanya, berkomunikasi).
Tugas guru dalam proses belajar mengajar
Tugas guru sebagai seseorang yang profesional meliputi mendidik, membelajarkan siswa, dan memberikan latihan-latihan.
Dalam kegiatan belajar mengajar setiap harinya tiga tugas utama guru adalah
  • membuat persiapan untuk pembelajaran
  • melaksanakan kegiatan belajar mengajar
  • mengajukan hasil evaluasi belajar dan manfaat umpan balik.
Peran guru dalam proses belajar mengajar
  • guru sebagai penyampai informasi,
  • guru sebagai pengelola kelas,
  • guru sebagai fasilitator, dan guru sebagai evaluator.
Kompetensi Guru
  • Mengembangkan kepribadian
  • Menguasai landasan pendidikan
  • Menguasai bahan pengajaran
  • Menyusun program pengajaran
  • Melaksanakan program pengajaran
  • Menilai hasil dan proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan
  • Menyelanggarakan program bimbingan
  • Menyelenggarakan administrasi sekolah
  • Berinteraksi dengan sejawat dan masyarakat
  • Menyelengagarakan penelitian sederhana untuk keperluan pegajaran.





3 comments:

  1. mas bro postingmu bagus, tp tolong dikasi sumber referensi (daftar pustaka)

    ReplyDelete
  2. ''Wow''.... Awesome Blogs Comments I like Same Day Tours (Taj Mahal) is the main attraction here. Top things to enjoy here are the monument, prayer room, museum and the garden. It would take around 90 minutes to two hours to enjoy this monument.. More Information...
    3 Days Golden Triangle Tour
    4 Days Golden Triangle Tour
    Same Day Agra Tour by Gatimaan Express
    6 Days Golden Triangle Tour
    Thanks and best regards
    Manoj Sharma
    www.indiatripdesigner.com
    +91-9837332533

    ReplyDelete