Tuesday, February 28, 2012

Apa pendidikan itu?


Apa pendidikan itu?
Pendidikan pada dasarnya adalah sebuah proses transformasi pengetahuan menuju ke arah perbaikan dan pengembangan potensi manusia. Oleh karna itu, pendidikan tidak mengenal ruang dan waktu, tidak dibatasi oleh tebalnya tembok sekolah dan juga sempitnya waktu belajar dikelas. Pendidikan berlangsung sepanjang hayat dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja manusia mau dan mampu melakukan proses pendidikan. Dalam masyarakat yang peradabannya sangat sederhana sekalipun telah ada proses pendidikan . oleh karna itu, tidak mengherankan jika sering dikatakan bahwa pendidikan telah ada semenjak munculnya peradaban manusia . manusia mencita-citakan kehidupan yang bahagian dan sejahtera.
Melalui proses pendidikan yang baik dan benar makan cita-cita tersebut dapat terwujud dalam realitas kehidupan di dunia ini.

Setiap terjadi kerusakan moral pada masyarakat maka semua pihak akan segera menoleh pada lembaga pendidikan dan seakan menuduh tidak becus mendidik anak bangsa. Tuduhan terarah pada lembaga pendidikan yang telah dianggap tidak berhasil mendidik moral penerus bangsa ini. Tuduhan yang langsung di arahkan pada guru atau pendidik mengadili ke efektifitas seorang guru atau pendidik yang menjadi orang tua dilingkungan sekolah. Tugas mendidik anak pada dasarnya ada pada orang tuanya, namun karena beberapa keterbatasan yang dimiliki oleh orang tua masing-masing anak maka tugas ini diamanatkan kepada lembaga pendidikan seperti sekolah. Sekolah dan masyarakat memiliki kewajiban untuk mendukung pendidikan setiap generasi karena setiap generasi baru yang lahir akan menjadi bagian masyarakat.

Didalam dunia pendidikan terbagi menjadi dua prediakat, yakni pendidik dan guru. Pendidik adalah orang yang berperan mendidik subjek didik atau melakukan tugas pendidikan. Sedangkan guru adalah orang yang melakukan tugas mengajar. Meskipun demikian peran guru terkadang juga disebut pendidik. PEndidikan mengandung makna pebinaan kepribadian dan pengembangan potensi diri sedangkan pengajaran bermakna sekecar memberitahu atau memberi pengetahuan . meskipun istilah pendidikan dan pengajaran dapat dibedakan, pada hakikatnya kedua istilah tersebut tidak dapat dipisahkan karana hal tersebut sangat berkaitan.

No comments:

Post a Comment